wanita dalam film adrian lyne, part ii

Sambungan dari sini.

FATAL ATTRACTION (1987)
Berikutnya adalah Alex Forrest, dalam Fatal Attraction. Diperankan dengan begitu baik oleh Glen Close, yang pada awalnya, bahkan Lyne sendiri tidak menyetujui peran ini diberikan kepadanya. Fatal Attraction singkatnya bercerita tentang pria berkeluarga yang terlibat dalam selingkuhan semalam, yang ternyata tidak berakhir begitu saja, tetapi justru mendatangkan bencana. Intinya, Fatal Attraction adalah peringatan untuk semua pria beristri untuk tidak selingkuh.

Gosipnya, ada lebih dari 20 sutradara yang menolak menyutradarai film ini, sebelum akhirnya jatuh di tangan Lyne dan lebih dari 20 aktris Hollywood pada masa itu yang dipertimbangkan untuk memerani Alex Forrest (termasuk: Michelle Pfeiffer, Madonna, Jennifer Jason-Leigh, Meryl Streep, Isabella Rosellini), yang akhirnya jatuh ke tangan Close. Close setelah menyetujui memerani Alex Forrest, membawa naskah film ini ke seorang psikiater dan tanya: apakah tokoh ini mungkin ada dan mengapa.

Glenn Close sendiri mengaku kalau hingga saat ini, dia sering didatangin pria-pria yang mengaku kalau mereka takut terhadap tokoh yang dia perankan itu. Dan (this one's freaky) hingga saat ini, Close masih menyimpan pisau yang ia pakai di film tersebut.

Selain merupakan film terlaris di tahun 1987, film ini juga berhasil mendapatkan beberapa nominasi Oscar, termasuk untuk film terbaik, sutradara terbaik (Lyne), aktris terbaik (Close) dan aktris pendukung terbaik (Anne Acher).

INDECENT PROPOSAL (1993)
Adalah Diana Murphy yang bersedia tidur selama 1 malam dengan seorang jutawan senilai 1 juta USD untuk menyelamatkan pernikahannya dari hutang. Pergumulan yang muncul kemudian adalah, mungkinkah cinta dibeli dengan uang? Mungkinkah seks hanya seks?

Dibintangin oleh Demi Moore, yang pada saat itu, sedang berada di puncak kejayaannya. Demi Moore sangat cantik bukan di film ini? Peran Diana Murphy awalnya ditawarkan kepada Julia Roberts, yang saat itu sedang ngetop-ngetopnya dengan film Pretty Woman.

Walau pada akhirnya, uang bukan segalanya, cinta seharusnya dapat mengalahkan semua tantangan, Diana kembali bersama dengan suami-nya, David. Manis bukan?

THE WOMEN
Beberapa artikel (atau buku) meng-kritik peran-peran wanita dalam film Lyne terlalu sensual dan merendahkan martabat wanita. Alex Owen, berusia 18 tahun yang masih mengejar mimpi sebagai penari, terlibat hubungan percintaan dengan pria berumur (paling tidak berusia 40 tahun). Alex Forrest is simply crazy, she's a warning to all married men to keep it in their pants. Selama sembilan setengah minggu, Elizabeth mengeksposisikan dirinya terhadap permainan-permainan sensual yang memaksa lembaga sensor Amerika untuk memotong film ini. Diana Murphy singkatnya adalah seorang pelacur.

Gue bukan seorang misogynist dan gue gak pernah menganggap peran-peran wanita di film ini merendahkan martabat wanita dalam bentuk apapun. Kalaupun iya, rasanya seorang Glenn Close tidak akan menerima peran Alex Forrest. Close adalah aktris yang cerdas.

The truth is: I find them fascinating and I wish Lyne would make more movies. Adrian Lyne, despite the wide-range qualities of his movies, has tickled us and somehow made us think (or at least, me). It would be interesting. Don't you agree?

No comments:

Post a Comment