4n6k4

Tahu gak kalau angka itu ditemukan di India? Yah, beberapa sumber yang tidak bisa dipercaya (HEHEHE) menuliskan kalau angka itu pertama kali dipakai oleh India, walau dalam bentuk tulisan, pertama kali angka ditemukan dalam bahasa Arab.

Percaya atau tidak akan informasi di atas, angka harus diakui adalah salah satu penemuan terbesar bukan? Dari bocah 4 tahun hingga mahasiswa, ilmu hitung-menghitung terus dipelajari. Yah, pentingnya angka tidak perlu diragukan lagi.

Hampir semua alat ukur, walau berbeda satuan pasti akan menggunakan angka. Angka dipakai untuk menyatakan ukuran dari hampir segala sesuatu, termasuk keadilan - misalnya penipuan uang nasabah salah satu bank di negara kita dikenakan penjara 3,5 tahun dan sebagainya (yah, adil tidaknya sangat relatif yah, tergantung juga sistem pengadilan sih).

Selain contoh tersebut, angka juga dipakai untuk mengukur keunggulan seseorang. Serius saja, untuk seorang manusia, angka-angka berikut ini sangat penting:
  • Angka yang tertera dalam slp gaji atau angka yang menyatakan jumlah uang tersimpan di bank atas nama sendiri
  • Angka yang menyatakan jumlah aset ataupun ukuran besar/luas aset yang tidak mengalami amortisasi
  • Angka yang menandakan tinggi/berat, dan ukuran perut/pinggang/dada/pantat/tangan dan paha (khususnya untuk dunia perbusanaan, angka-angka ini sangat penting)
  • Angka yang menandakan kecerdasan atau kemampuan penguasaan satu ilmu, yang biasanya dikeluarkan oleh lembaga-lembaga tertentu
  • Angka yang menyatakan berapa lama seseorang tinggal di dunia ini (sayangnya angka untuk mengetahui sisa waktu seseorang hidup di dunia fana masih merupakan misteri hingga saat ini)
  • Dan masih banyak lagi, bukan?
Mangkus tidaknya sebuah angka untuk mengukur hal-hal yang bersifat fana sebenarnya sah-sah saja, tapi itu bukan segala-gala-nya. Beberapa ribu tahun yang lalu, Yesus menampik pemberian seorang kaya tetapi memuji pemberian seadanya seorang janda karena ketulusannya. Pada masa yang sama, Yesus juga menikmati jamuan dengan Zakheus (which my dearest friend described as vertically challenged) dan kaum papa.

Yah, benar angka/statistik sebagai hasil dari ukuran keberhasilan kita akan selalu ada (tahukah lo kalo Meryl Streep adalah aktor dengan nominasi Oscar terbanyak? 15 kali!), tapi apakah itu yang menentukan keberhasilan kita?

Jujur, gue bisa saja berbohong dan bilang, gue adalah orang yang berhasil karena gue mengukur keberhasilan gue dari tingkat kebahagiaan/rasa bersyukur, tapi bukan, gue sendiri masih bergumul. Dan kalau lo mengalami hal yang sama dengan gue, mari kita bergumul bersama. HEHEHE.

No comments:

Post a Comment