oscar 2010

Dalam kategori akting (hayo jujur saja, bukannya cuma kategori itu yah yang penting buat kita? Atau mungkin buat saya saja yah? HEHEHE) Oscar tahun ini sangat mudah ditebak. Nyaris tidak ada kejutan.

Aktor terbaik: Jeff Bridges - Crazy Heart
Kebetulan belum nonton, jadi gak tahu juga gimana bentuknya. Walau rasanya, saya lebih bahagia jika Collin Firth yang mendapatkan oscar untuk tahun ini, di A Single Man.

Aktris terbaik: Sandra Bullock - The Blind Side
Bisa jadi kategori ini sudah menjadi kontes popularitas, tapi jujur saja, kategori aktris terbaik untuk tahun ini sangat lemah. Juga disayangkan Academy Awards melewatkan Abbie Cornish, dari Brightstar dan Marion Cotillard, dari Nine.

Aktris pendukung terbaik: Mo'Nique - Precious
Mo'Nique tanpa diragukan lagi adalah salah satu aktris yang paling rendah hati. Pidatonya ketika dia berhasil memenangkan Golden Globe untuk kategori yang sama begitu menyentuh dan romantis. Bahkan saya sempat menonton video konfrensi-pers-nya, Mo'Nique begitu mempesona. Selain Mo'Nique, aktris lain yang saya harapkan untuk menang, adalah Anna Kendrick, yang keren banget di film Up in the Air.

Aktor pendukung terbaik: Christoph Waltz - Inglorious Basterds
Saya tidak bisa berkata apa-apa. Kol Hans Landa adalah salah satu tokoh fiksi di layar perak yang paling menarik sepanjang masa. Dia cerdas, dingin dan dalam beberapa kesempatan, sangat lucu. Waltz begitu sempurna memerankan-nya, begitu sempurna-nya, saya sulit membayangkan Landa diperankan oleh orang lain.

Sutradara terbaik: Kathryn Bigelow - The Hurt Locker
Sejarah tercatat melalui kemenangan Bigelow tahun ini, yaitu dia menjadi wanita pertama yang berhasil memenangkan Oscar untuk kategori sutradara terbaik selama 82 tahun pembagian Oscar. Pantas? Tentu saja! Bahkan, kompetitior terberatnya, James Cameron, ketika memenangkan Golden Globe dengan rendah hati mengatakan seharusnya Bigelow yang menang.

Film terbaik: The Hurt Locker
Ini adalah kejutan terbesar tahun ini. Mungkin James Cameron bisa berlapang dada menerima kekalahannya dalam kategori sutradara terbaik, tetapi dalam film terbaik? Ini benar-benar menyakitkan. Kalau saya pribadi, saya lebih berharap film animasi UP yang memenangkan kategori ini. HEHEHE.

PS: Akan nonton Alice in Wonderland akhir pekan ini! Yay!

No comments:

Post a Comment